Tutorial Membuat Simulasi pada OPC Server (KEPserver V5)

kep-logoKEPserverEX 5 merupakan perangkat lunak keluaran Kepware yang berfungsi sebagai OPC server sekaligus OPC client. Sebelum masuk ke tutorial alangkah baiknya kita berkenalan dulu dengan OPC. Apa itu OPC? OPC merupakan kepanjangan dari OLE for Process Control. OPC adalah sebuah standar industri untuk antarkonektivitas sistem. Yayasan OPC (OPC Foundation) mengatur semua spesifikasi OPC. OPC menggunakan teknologi COM dan DCOM-nya Microsoft untuk membolehkan suatu aplikasi menukar-nukar data dengan satu atau lebih komputer melalui arsitektur TCP/IP.

Tujuan dari OPC adalah menyediakan sebuah infrastruktur standar untuk pertukaran data kontrol proses. Misalnya, pabrik biasanya memiliki berbagai macam sumber data seperti PLC, DCS, basisdata, meteran, RTU dan lain sebagainya. Data-data ini tersedia melalui berbagai macam koneksi yang berbeda-beda, misalnya, serial, ethernet, atau bahkan melalui pemancar radio. Sedangkan aplikasi kontrol prosesnya bisa menggunakan berbagai macam sistem operasi yang berbeda, seperti windows, UNIX, DOS, atau VMS.

Jadi intiya OPC merupakan suatu standar suatu teknologi yang memungkinkan kita mengambil suatu data dalam berbagai bentuk (serial, ethernet, RF, dll) tidak tergantung pada vendor manapun dan menampungnya dalam suatu server yang disebut OPC server. Dan data tersebut dapat diakses melalui OPC client untuk dapat diolah dan ditampilkan misalnya ke HMI.

Berikut merupakan arsitektur KEPserverEX 5.

kepserver-architecture

Berikut tutorial untuk membuat simulasi data pada KEPserverEX versi 5. Simulasi data ini nantinya akan dibaca oleh HMI semisal Wonderware InTouch.

1. Membuka Kepware KEPserverEX 5, kemudian akan tampil jendela KEPserverEX 5.

2. Membuat channel baru dengan cara klik “Click to add a Channel”. Akan muncul jendela baru untuk membuat channer baru. Pertama beri nama channel tersebut. Selanjutnya pada pilihan Device Driver, pilih Simulator. Kemudian Next terus sampai Finish.

KEPware to Wonderware 01KEPware to Wonderware 02KEPware to Wonderware 03

3. Membuat Device baru dengan mengklik “Click to add a Device”. Biarkan semua pilihan pada nilai defaultnya, klik Next sampai Finish.

4. Setelah device dibuat, selanjutnya membuat Tag. Tag yang akan dibuat adalah Tag dengan data Random. Yaitu setiap satu detik OPC server akan mengirimkan data secara acak dari range yang telah ditentukan. Format nya adalah RANDOM (scan rate, min, max).

KEPware to Wonderware 05

5. Untuk menjalankan (Run) simulasi yang telah dibuat dengan cara mengklik OPC Quick Client yang ada pada pojok kanan atas.

KEPware to Wonderware 06

6. Kemudian akan muncul jendela baru yaitu OPC Quick Client. Pada jendela ini dapat dilihat value dari tag Tag1 akan berubah-ubah.

KEPware to Wonderware 07

Nah data dari OPC Client inilah yang akan diambil dan diolah untuk ditampilkan pada HMI semisal Wonderware InTouch. Caranya? Pada posting selanjutnya saja ya hehe. Selamat mencoba! 😀

Advertisements

Posted on July 12, 2013, in OPC, SCADA, Tutorial and tagged , , , , . Bookmark the permalink. 2 Comments.

  1. mas, saya kan punya micro 820. Lalu ingin saya sambungkan tag nya dengan KepserverEx V.5. Kemudian OPCnya akan digunakan untuk ICONIC Genesis 32 Software (OPC Based HMI), apakah bisa ya? caranya gimana ya mas?
    terimakasih banyak

  2. Mas saya kan punya Allen Bradley Micro 820, kemudian data tag akan saya sambungkan ke Softwrae OPC Based HMI (Iconics Genesis32 Software), kira kira caranya gimana ya mas ?
    terimakasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: