Menghapus Tagname pada Wonderware InTouch

Hello teman-teman, kali ini saya ingin share cara menghapus tagname pada perangkat lunak HMI Wonderware InTouch. Bagi anda pernah pakai Wonderware tentunya tidak asing lagi dengan istilah tagname. Pengetahuan ini sangat penting mengingat kapasitas lisensi yang membatasi penggunaan tagname, sehingga tagname yang tidak terpakai perlu dihapus.

Berikut merupakan cara untuk menghapus/delete tagname pada Wonderware InTouch.

1. Untuk menghapus tagname, tutup (close) WindowViewer jika sedang aktif.

2. Tutup semua Window yang sedang aktif pada WindowMaker.

3. Pastikan tagname yang akan dihapus tersebut tidak dipakai atau digunakan di Window ataupun Script karena tagname tidak bisa dihapus ketika tagname tersebut masih dipakai.

4. Untuk memastikannya menggunakan Cross Reference pada Menu Special => Cross Reference… Setelah muncul window “Cross Reference Search”, ketikkan tagname yang ingin dihapus pada kolom Fiter. Lalu klik Search.

Menghapus Tagname pada Wonderware InTouch 01

Menghapus Tagname pada Wonderware InTouch 02

5. Selanjutnya akan muncul jendela “Cross Reference Utility” yang berisi informasi lokasi tagname tersbut apabila masih digunakan. Jika masih digunakan, tagname harus dihapus pemakaiannya pada window ataupun script.

Menghapus Tagname pada Wonderware InTouch 03

6. Setelah memastikan tagname sudah tidak dipakai lagi, anda perlu melakukan Update Use Counts melalui menu Special => Update Use Counts Pada jendela konfirmasi klik Yes. Lalu pada jendela hasil Klik OK.

Menghapus Tagname pada Wonderware InTouch 04

7. Hapus tagname melalui menu Special => Delete Unused Tags…

Menghapus Tagname pada Wonderware InTouch 05

8. Akan muncul dialog “Choose Names to Delete” yang menampilkan tagname yang sudah tidak terpakai. Pilih tagname yang akan dihapus, kemudian klik Delete. Akan muncul konfirmasi, klik Yes.

Menghapus Tagname pada Wonderware InTouch 06

9. Selamat tagname sudah berhasil dihapus.

Demikian cara untuk menghapus/delete tagname pada Wonderware InTouch. Semoga bermanfaat 😀

Posted on September 24, 2013, in Tutorial, Wonderware InTouch and tagged , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a comment